Inkscape – Tutorial Membuat Tengkorak Bajak Laut


Kali ini saya akan menunjukkan cara membuat tengkorak ala bajak laut dengan Inkscape. Warna yang dominan dipakai kali ini adalah hitam. Di sini nama alat/nama perintah saya tebalkan untuk membedakannya dari yang lain. Huruf yang ada dalam tanda kurung setelah nama alat adalah shortcut key-nya. Alat yang diperlukan untuk mempraktikkan tutorial ini hanya
  1. Select (S),
  2. Elipse (E) ,
  3. Pencil (F6),
  4. Node Editor (N),
  5. Duplicate (Ctrl+D), dan
  6. Object to Path (Shift+Ctrl+C).
Kita mulai saja, ya!
.1 Buatlah sebuah lingkaran dengan Elipse (E). Jika Elipse dirasa terlalu lonjong, Anda bisa memakai kombinasi klik+shift+seret untuk membuat lingkaran. Kemudian berilah warnai hitam.
.2 Pilih lingkaran itu dengan Select (S). Tandanya lingkaran sudah terpilih adalah tampilnya panah-panah di sekelilingnya. Sudah? Lakukan Object to Path (Shift+Ctrl+C). Ini akan mengubah objek lingkaran tadi menjadi path yang siap dibentuk. Kalau kita biarkan ia sebagai objek lingkaran ya, tidak bisa diubah bentuknya. Maka ia harus dijadikan path dulu. Sederhana, bukan?
.3 Sekarang gunakan Node Editor (N). Buat node dengan cara mengklik ganda pada garis lingkaran. Buatkan tiga node di bagian bawah bidang lingkaran. Ini akan kita pakai sebagai bagian rahangnya. Kemudian buat dua node di dekatnya. Jadi, sekarang ada 5 node. Nah, masih dengan Node Editor (N), pilih 3 node terdalam. Anda bisa melakukan drag atau Shift+Klik untuk memilih banyak node bersamaan.
.4 Masih dengan Node Editor (N), seret ke bawah tiga node yang terpilih. Satu node diseret berarti node lain yang terpilih juga ikut terseret. Atau Anda bisa memakai tombol Panah Bawah di kibor. Saya sih, lebih suka pakai kibor. :-D Sampai di sini sudah agak mirip tengkorak. Atau juga bola lampu. ;-) <27 November 2010: 00.15>
Disunting pakai node editor.
.5 Langkah kelima ini optional. Bisa bagian tulang pipi, mata, atau giginya. Saya lebih suka membuat bagian giginya dulu. Kita pakai Pencil (F6) saja. Yap! Buatlah garis vertikal dengan klik+seret+lepas secukupnya di bidang kosong. Pilih (S), lalu seret ke bagian rahang biar jadi gigi. Dalam kondisi ia masih terpilih, lakukan Duplicate (Ctrl+D), lalu seret ke sebelahnya sampai ada tiga garis. Nah, tiga garis di rahang ini menjadi giginya. Sudah mirip tengkorak? Tinggal matanya.

.6 Buatlah lingkaran kecil untuk matanya. Sama, jadikan ia path (Shift+Ctrl+C). Ini membuat lingkaran Anda memiliki 4 node pada arah mata angin. Dengan Node Editor, seret garis kanan-atas ke dalam lingkaran. Ubah setelan node di atas dan kanan sedemikian rupa sampai bentuk mata ini jadi garang. Klik pada warna putih di palet untuk mewarnainya. Ini kita pakai sebagai mata kiri. Pilih (S), duplikatkan (Ctrl+D), lalu seret ke kanan. Dengan Flip, pilihlah pembalikan secara horizontal agar duplikat mata kiri ini jadi mata kanan.

.7 Yap, kita sudah punya dua mata untuk tengkorak. <00.42> Kita buat hidungnya sekarang. Dengan Pencil (F6), buatlah segitiga. Klik-geser-klik=satu garis. Untuk membuat segitiga, berarti ulangi itu sampai ujung ketemu ujung. Segitiganya berpucuk di atas. Bisa, kan? Pasti! Jadikan segitiga ini path dengan Shift+Ctrl+C. Sekarang dengan Node Editor (N), seret alas segitiga ke atas sampai melengkung. Lalu pilih node pucuk, dan pilih Make Selected Node Smooth. Yap, segitiga Anda menjadi bulat pada pucuknya dan melengkung ke dalam pada alasnya. Pindahkan segitiga itu ke daerah hidung tengkorak kita.

.8 Kita buat tulang pipinya. Dengan Node Editor (N), buatlah node-node baru di kanan-kiri rahang. Jumlah untuk tiap sisi adalah 3. Sudah? Konsentrasilah pada pipi kiri. Pilih (S) node tengah. Tarik ke bawah. Jadikan ia node yang smooth. Jadi deh, tulang pipi kiri. Lakukan hal yang sama dengan yang kanan.

Selesai! Tengkorak ala bajak laut kita sudah jadi. Sekarang tinggal Anda simpan (Ctrl+S). Anda pun bisa langsung mengekspornya ke PNG supaya bisa dijadikan wallpaper. Sekian tutorial kali ini. Tutorial ini bersambung ke bagian II.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »